5 Kegelapan Dapat Diterangi Dengan 5 Cahaya, Ahad Legi 28 Rajab 1444 H

Baitulmustaqim.com - 5 Kegelapan Dapat Diterangi Dengan 5 Cahaya - Pengajian rutin Ahad Legi edisi akhir sebelum bulan Ramadhan. Pengajian yang dilaksanakan secara rutin setiap 35 hari sekali atau lapanan  di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Ahad Legi 28 Rajab 1444 H/19/2/2023.
Ahad Legi pada kali ini sebagaimana biasanya diawali dengan khataman Al-Qur'an dan istighosah yang dipimpin langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur KH. Muchtar Ghozali.

Sebagai tempat yang digunakan pada acara rutinan Ahad Legi ini dilaksanakan di Aula Al-Badar depan ndalem (Rumah kediaman kyai). 

Hadir pada siang hari ini warga sekitar Pondok Pesantren Baitul Mustaqim, para wali santri dan kaum muslimin dan muslimat di sekitaran Punggur.

Untuk pengajian Ahad Legi selanjutnya akan dimajukan bersamaan dengan Akhirurrusannah pada tanggal 19 Maret 2023.

"Pengajian Ahad Legi hari ini adalah pengajian yang terakhir sebelum bulan Ramadhan 1444 H tahun ini, untuk pengajian Ahad Legi selanjutnya masuk pada bulan Ramadhan, maka akan dimajukan bersamaan dengan Akhirurrusannah tanggal 19 Maret 2023 yang insyaallah tausiyah akan disampaikan oleh Gus Dulloh dari Mojokerto Jawa Timur", kata pengasuh Pon. Pes Baitul Mustaqim, saat mengawali tausiyahnya.

Dalam tausiyahnya Abah Yai (panggilan bagi umumnya santri untuk kyai) menyampaikan tentang 5 Kegelapan Dapat Diterangi Dengan 5 Cahaya.

Berikut tausiyah yang dapat admin rangkum dalam artikel pada kali ini.

5 Kegelapan Dapat Diterangi Dengan 5 Cahaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Hubbud Dunya (Cinta dunia) lampunya Taqwa
  2. Melakukan Dosa lampunya Taubat
  3. Kegelapan di alam kubur lampunya laa Illaha Ilallah
  4. Alam Akhirat lampunya amal sholih
  5. Sirotol Mustaqim  lampunya yakin
Kegelapan pertama yaitu orang yang cinta dunia namun melupakan akhirat.

حبّ الدنيا رأس كلِّ خطيئة “Cinta dunia adalah pangkal dari segala kesalahan dan kesalahan apa pun pasti dimulai dari cinta dunia.” (HR Baihaqi).

Jika melakukan dosa maka akan menimbulkan tanda atau noda hitam di dalam hati. Adapun sebagai penerangnya yakni bertaubat kepada Allah SWT, menyesali perbuatannya dan tidak akan mengulanginya.

Kegelapan di alam kubur adalah kegelapan yang ketiga, dapat diterangi dengan membaca kalimat tauhid Laa ilaaha illallah, selalu dibaca dengan Istiqomah, secara terus menerus tanpa henti.

Nabi bersabda "Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka dari orang yang mengucapkan laa ilaaha illallah seraya mengharap ridha Allah.” (HR Muslim dan Bukhari).

Kemudian, kegelapan keempat, yang dikatakan Abu Bakar adalah alam akhirat. Untuk meneranginya, bisa digunakan dengan amal saleh. 

Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Laksanakanlah hal-hal yang wajib dan terimalah kemurahan Allah dan tinggalkanlah manusia. Sungguh, kamu telah dicukupkan dari manusia.” (HR Khatib).

Terakhir, kegelapan kelima, adalah siratal mustaqim dan yang bisa membuatnya terang adalah yakin.

“Yakin adalah tahqiq dalam membenarkan. Maksudnya kamu mempunyai otoritas pemikiran yang akurat untuk membenarkan hal yang ghaib. ini yang jadi ibadah sampai bertemu Allah. Yakin adalah akurat dalam membenarkan hal gaib. Caranya dengan menghilangkan segala keraguan,” 

Dengan berbagai tingkatan dari yakin yang mempunyai arti bahwa kita mengetahui dan mengalami tentang hal-hal yang nyata ataupun yang ghoib.

Sirotol Mustaqim yang gelap dapat diterangi dengan ilmu yakin tersebut, yakni yakin dengan Allah, yakin dengan amal Sholih yang kita perbuat.

Demikian 5 Kegelapan Dapat Diterangi Dengan 5 Cahaya, semoga dengan adanya artikel yang admin bagikan ini akan menambah ilmu dan kita dapat memahami tentang apa saja 5 Kegelapan yang dapat diterangi dengan 5 cahaya.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam ......Bamus Media

Post a Comment

Previous Post Next Post