Napak Tilas Dakwah KH. 'Ali Hasyim di Alue Teh, Birem Bayeun, Aceh Timur

Baitulmustaqim.com - Napak Tilas Dakwah KH. 'Ali Hasyim di Alue Teh, Birem Bayeun, Aceh Timur - Thoriqoh An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah adalah salah satu ajaran thoriqoh yang mu'tabaroh dan sanadnya tersambung sampai kepada Rasulullah SAW. Sebuah jalan spiritual yang ditempuh seorang makhluk untuk menuju kepada sang khalik.
KH. Muchtar Ghozali Bersama Jamaah
Dalam hal ini KH. 'Ali Hasyim Pungggur (ALM) puluhan tahun silam membaiat (ikrar sumpah setia) salah satu jamaah kampung Alue Teh, Kecamatan Birem Bayeun, Provinsi Aceh Timur, yang menjadikan sebuah sebab tersambungnya hubungan antara guru mursid thoriqoh dangan para santrinya.

Demi tetap tersambungnya tali silaturahim antara sang guru mursid dengan santrinya KH. Muchtar Ghozali selaku penerus dari KH. 'Ali Hasyim Al-Mursid tetap melaksanakan dakwah ke provinsi ujung Sumatera ini.

Kesehatan yang kurang memadai dan jarak tempuh yang sangat jauh antara Punggur, Lampung Tengah dengan Alue Teh, Aceh Timur bukan sebuah halangan bagi seorang guru mursid demi Napak Tilas Dakwah dari KH. 'Ali Hasyim tersebut.

Terbukti lebih kurang dari lima tahun yang lalu Abah Yai Muchtar (panggilan kesehariannya) telah berkunjung ke Serambi Mekkah tersebut bersama adinda Kyai. Sya'roni (ALM) bersilaturahmi dan membaiat jamaah untuk mengamalkan ajaran Thariqah An-Naqsyabandiyah Al-Khoidiyah.

Setelah sekian lama tidak berkunjung ke provinsi paling barat di Indonesia ini KH. Muchtar Ghozali dengan segala keterbatasannya dan padatnya jadwal beliau masih menyempatkan untuk berkunjung kembali dengan sebuah tujuan Napak Tilas Dakwah KH. 'Ali Hasyim dan mengadakan pembukaan kegiatan suluk dan pembinaan terhadap jamaah thariqoh dan dilanjutkan dengan pembaiatan kembali.

Isak tangis haru bercampur bahagia para jamaah thariqoh dan datuk (kepala Kampung) menyambut kedatangan seorang guru mursid yang baru tiba dari perjalan bandara Kualanamu Medan menuju Kampung Alue Teh, Birem Bayeum, Aceh Timur tersebut.

"Bangga dan haru yang dapat kami rasakan saat ini, hingga tidak dapat berkata-kata, atas hadirnya seorang guru mursid yang kami rindukan," tutur salah seorang jamaah saat bertemu dengan penderek kyai (santri yang mengantar kyai)

Demikian Napak Tilas Dakwah KH. 'Ali Hasyim di Alue Teh, Birem Bayeun, Aceh Timur, semoga dengan berkunjungnya guru mursid dalam agenda Napak Tilas Dakwah KH. 'Ali Hasyim ini dapat memupuk semangat dalam beribadah dan terobatinya kerinduan seorang murid kepada sang guru.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam ......Bamus Media

Post a Comment

Previous Post Next Post