Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik Yayasan Baitul Mustaqim

Baitulmustaqim.com - Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik Yayasan Baitul Mustaqim - Demi terciptanya sebuah lembaga pendidikan yang mampu menciptakan generasi penerus Islami yang bertaqwa, beriman, dan berakhlaqul karimah. 
Jajaran Pengurus Yayasan Baitul Mustaqim
Dalam pembinaan dan evaluasi kinerja tenaga pendidikan Yayasan Baitul Mustaqim pada kali ini dilaksanakan di gedung MA Ma'arif 1 Punggur dengan alamat jalan raya Sidomulyo-Punggur, pada hari Sabtu 28 Januari 2023.

Hadir pada acara ini seluruh anggota Yayasan Baitul Mustaqim, Guru dan staf  MA Ma'arif 1 Punggur,  Guru dan staf MTs Ma'arif 1 Punggur, Guru dan staf MI Ma'arif 1 Punggur, juga para guru RA Muslimat.

Sekilas Sejarah Yayasan Baitul Mustaqim 

Yayasan Baitul Mustaqim adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dalam pendidikan agama Islam yang menaungi berbagai jenis lembaga pendidikan. Baik itu yang bersifat formal ataupun non formal. Dengan sebuah tujuan yang sangat penting untuk menciptakan generasi penerus yang Islami, dan berakhlaqul karimah.

Yayasan Baitul Mustaqim sudah berdiri sejak tahun 1990 an, berawal dari sebuah cita-cita mulia untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren hingga mengikuti perkembangannya berubah menjadi sebuah yayasan. Untuk lebih jelasnya terkait perjalanan berdirinya pondok pesantren Baitul Mustaqim dan Yayasan Baitul Mustaqim dapat dilihat pada artikel Sejarah Singkat Pondok Pesantren Baitul Mustaqim.

Perjalanan yang panjang hingga saat ini tahun 2023 yang mulai dari tahun 1990 an berarti sudah mencapai 33 tahunan. Dengan usia yang sudah mencapai kepala tiga tersebut tentunya hambatan dan rintangan tidak mudah untuk dilewati. Berbagai macam hambatan telah dilalui hingga saat ini mencapai hasil yang cukup dapat bersaing dengan lembaga pendidikan yang lainnya.     

Dari perjalanan yang panjang tersebut dan dari dua unsur jenis pendidikan formal dan non formal telah melahirkan alumni-alumni yang dapat diandalkan di masyarakat. Telah mengabdi dan bekerja dengan menggunakan ilmu yang telah didapatkan dulu saat masih mengenyam pendidikan.

Pendidikan formal yang dinaungi oleh Yayasan Baitul Mustaqim terdiri dari:
  1. Raudlatul Athfal (RA )
  2. Madrasah Ibtidaiyah (MI) 
  3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  4. Madrasah Aliah (MA)
Sedang jenis pendidikan non formal terdiri dari:
  1. TPQ An-Nahdliyah
  2. Madrasah Diniah (Madin) Al-Mualimin Pertama (setara MTs/SMP)
  3. Madrasah Diniah (Madin) Al-Mualimin Atas (setara MA/SMA)
  4. Tahfidzul Qur'an
  5. Thoriqoh An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah
  6. Pengajian Kitab Kuning
Untuk lebih jelasnya terkait jenjang pendidikan yang terdapat pada Yayasan Baitul Mustaqim dapat dilihat pada artikel Profil Pondok Pesantren Baitul Mustaqim yang sudah admin bagikan pada waktu yang lalu.

Tenaga pengajar yang mengemban tugas di seluruh jenjang pendidikan di Yayasan Baitul Mustaqim tentunya sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing yang mempunyai kompetensi memadahi sesuai mata pelajaran yang di emban.

Dalam pembinaan yang dilakukan oleh Yayasan Baitul Mustaqim yang selalu dilaksanakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada kesempatan pagi ini pembinaan dilakukan secara serentak dari semua jenjang pendidikan yang ada mulai dari RA hingga MA.

Pada pembinaan kali ini disampaikan langsung oleh ketua Yayasan Baitul Mustaqim KH. Muchtar Ghozali yang juga sebagai pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim. 

Yang menjadi agenda dalam pembinaan dan kinerja tenaga pendidik Yayasan Baitul Mustaqim adalah terkait dengan etika atau adab antara guru dan murid, etika sesama tenaga pengajar, hendaknya tetap saling menghormati walaupun sudah menjadi sesama guru.

"Etika antara guru dengan sesama guru, etika antara guru yang walaupun awalnya adalah seorang murid yang sudah bersama-sama menjadi guru atau tenaga pengajar, tetap harus saling menghormati," Kata KH. Muchtar Ghozali saat memberikan sambutannya.

Ketua Yayasan Baitul Mustaqim yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim menambahkan tentang etika terhadap guru-guru dan murid, juga keluarga pendidikan harus dijaga dengan baik.

Demikian Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik Yayasan Baitul Mustaqim, semoga acara pagi ini dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi pendidikan yang dikelola Yayasan Baitul Mustaqim Punggur Lampung Tengah, hingga dapat menciptakan generasi Islami yang berimtaq, dan berakhlaqul karimah, aamiin.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam ......Bamus Media

Post a Comment

Previous Post Next Post