Pasal Wadah Yang Haram dan Boleh Dipakai, Terjemah Kitab Fatkhul Qorib

Baitulmustaqim.com - Pasal Wadah Yang Haram dan Boleh Dipakai, Terjemah Kitab Fatkhul Qorib - Jika pada artikel sebelumnya pembahasan yang admin bagikan terkait dengan Benda Najis dan Kulit yang Dapat Disamak pada terjemahan kitab Fatkhul Qorib, maka artikel berikut akan menyampaikan tentang Pasal Wadah Yang Haram dan Boleh Dipakai, Kitab Fatkhul Qorib.
Ilustrasi Cangkir Emas
Seorang Muslim baik laki-laki maupun perempuan haram hukumnua menggunakan wadah atau bejana seperti panci, gelas, moci, piring, ketel, dan lain sebagainya yang terbuat dari emas dan perak. Yang boleh adalah memakai wadah atau tempat yang selain emas dan perak.

Fasal Wadah yang Haram dan Boleh Dipakai

: (فصل)
 في بيان ما يحرم استعماله من الأواني وما يجوز. وبدأ بالأول فقال (ولا يجوز) في غير ضرورة لرجل أو امرأة (استعمال) شيء من (أواني الذهب والفضة) لا في أكل ولا في شرب ولا غيرهما، وكما يحرم استعمال ما ذكر يحرم اتخاذه من غير استعمال في الأصح، ويحرم أيضاً الإناء المطليّ بذهب أو فضة إن حصل من الطلاء شيء بعرضه على النار. (ويجوز استعمال) إناء (غيرهما) أي غير الذهب والفضة (من الأواني) النفيسة كإناء ياقوت، ويحرم الإناء المضبب بضبة فضة كبيرة عرفاً لزينة، فإن كانت كبيرة لحاجة جاز مع الكراهة، أو صغيرة عرفاً لزينة كرهت، أو لحاجة فلا تكره، أما ضبة الذهب فتحرم مطلقاً كما صححه النووي

(Fasal) menjelaskan wadah-wadah yang haram dipergunakan dan yang boleh dipergunakan.

Mushannif mengawali dengan yang pertama (yang haram dipergunakan). Beliau berkata, “selain keadaan darurat, tidak diperkenankan bagi laki-laki dan perempuan untuk menggunakan sesuatu dari wadah-wadah yang terbuat dari emas dan perak. Tidak untuk makan, minum dan selain keduanya.”

Sebagaimana haram menggunakan barang-barang yang telah disebutkan di atas, begitu juga haram menyimpannya tanpa digunakan menurut pendapat al ashah.

Penyepuhan

Dan juga haram menggunakan wadah yang disepuh dengan emas atau perak, jika ada sepuhan yang terpisah seandainya dipanggang di atas api.

Wadah Selain Emas Dan Perak

Diperbolehkan menggunakan wadah yang terbuat dari selain keduanya, yaitu selain emas dan perak, yaitu wadah-wadah yang indah seperti wadah yang terbuat dari yaqut.

Tambalan Emas Dan Perak

Haram menggunakan wadah yang ditambal dengan tambalan perak yang berukuran besar menurut ‘urf dengan tujuan berhias.

Jika tambalan perak itu berukuran besar karena ada hajat, maka diperbolehkan namun makruh. Atau berukuran kecil secara ‘urf karena tujuan berhias, maka dimakruhkan. Atau karena hajat, maka tidak dimakruhkan.

Adapun tambalan yang terbuat dari emas, maka hukumnya haram secara mutlak, sebagaimana yang disyahkan oleh imam an Nawawi.

Demikian informasi seputar Pasal Wadah Yang Haram dan Boleh Dipakai, Terjemah Kitab Fatkhul Qoribsemoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai sumber bacaan yang bernilai ibadah. Wallohu a'lam.

Terimakasih, Wassalam Bamus Official 

Post a Comment

Previous Post Next Post